Kamis, 08 Agustus 2013

Tabula Rasa

Hai, 

Hm, rasanya sudah lama sekali aku tidak mengisi blog ini. Well, bukannya aku tidak suka menulis, tetapi selama ini aku masih sering sekali—bahkan semacam sudah kecanduan menulis di RolePlay Forum. Uh yeah, aku mengembangkan kemampuan menulis di sana walau yah, tentu saja tulisanku tidak sebagus beberapa teman RP yang memang sudah menerbitkan novel. Aku bangga terhadap mereka, tetapi mungkin aku akan lebih bangga lagi apabila aku menerbitkan novel buatanku sendiri. Tapi apa dayaku? Aku bahkan tidak bisa mengatur waktu untuk diriku sendiri. Hidup sebagai seorang yang noctural membuatku sering berpikir dalam diam. Bermain RolePlaypun juga membuatku berpikir tentang arti di dalam perjalanan sebuah kehidupan. Dari situ aku belajar bagaimana bermain karakter dari yang baik sampai yang suka nyindir—tetapi belum sampai ke taraf bermain dengan karakter jahat sih, ehe. Dari karakter yang kaya di zaman dulu macem Victorian Era dengan segala macam aturan yang bejibun, sumpah, bikin aku memutar bola mata beberapa kali karena salah mendeskripsikan kehidupan dan pola serta gaya hidup mereka. Ah tapi itu bukan apa-apa dari mereka yang benar-benar melakukan research sampai ke dasar-dasarnya. Baiklah, kehidupan itu unik. Kau bisa mempelajarinya dari manapun kalau kau mau dan aku, mempelajarinya, mendalami apapun itu dari bagaimana aku memahami sebuah karakter. Dan ya, benar kata Bu Nita, kalau di luar sana, ketika kau sudah masuk dunia kerja, kau akan bertemu dengan orang-orang yang bahkan sebelumnya tidak pernah kau bayangkan. hal ini membuat aku berpikir kalau dalam berRP saja aku sudah menemukan orang-orang yang sungguh membuatku bersungut, mendengus, beristighfar, berdoki-doki suru, bermimpi, bagaimana nanti di luar sana? Banyak kali ya, orang yang nyinyir. Ahahaha, tapi sudahlah, kalau semuanya dipelajari, ditelaah dengan baik, pasti akan bisa menghadapinya :D.

Tabula Rasa, judul dari post ini. Artinya menurut wikipedia adalah kertas kosong. Selain itu sih soalnya aku masih sering keinget novel Tabula Rasa yang aku pinjam di perpustakaan kampus beberapa bulan yang lalu :p but, i love this word, i love how to spell it, enggak tau kenapa. Tapi aku suka. Rasanya adem gitu tiap baca kalimat itu. Bahkan di dalam RP pun kalau lihat ada kata itu dan judul thread demikian, pasti aku tertarik. Oh well, sudahlah tentang tabula rasanya. Toh itu hanya judul yang aku ambil.

Oke, soal novel. Sesungguhnya berulang kali aku ingin menulis sesuatu yang bisa aku share lebih dari sekedar di forum RolePlay. Bahkan hal yang paling kecil seperti menulis cerpen pun pernah aku lakukan dan mengirimkannya ke salah satu koran. Iya, aku sadar sih kalau waktu itu skill menulisku masih kurang dan sangat jauh dari kata pemain RolePlay. Uhm, kalau sekarang mungkin sudah sedikit naik walau deskripsi yang aku tulis, mungkin masih terlalu monoton. Oh yes, aku merasakan bagaimana tulisanku sangat mudah sekali ditebak. Bahkan beberapa orang yang hanya beberapa kali bermain denganku, paham bagaimana cara aku menulis, bagaimana diksi yang aku gunakan dan aku merasa masih perlu untuk terus dan terus meningkatkan skill menulisku—setidaknya sampai benar-benar aku mampu untuk mengikuti lomba cerpen. Berulang kali sih, aku sudah ingin mengikuti lomba itu tapi apa daya—iya, lagi-lagi apa daya mager ini benar-benar membuatku enggan untuk melanjutkan beberapa draft yang sudah aku buat dan aku simpan sejak dua tahun yang lalu. menyedihkan memang, tapi semoga saja, target sih bulan Desember nanti bisa bikin novel walau aku ragu, mungkin aku patok satu cerpen yang bisa dikirimkan. Ah ya, dan semoga saja benar-benar terlaksana.

Well, mungkin segitu dulu tulisan pertamaku yang lain setelah cukup lama menghilang dari dunia blog :) Dan tentu saja, karena ini sudah hampir pukul 3 sementara beberapa jam lagi ibada sholat Ied akan segera dimulai, maka;

Taqobalallahu minna wa minkum taqobbal ya karim

MINAL AIDZIN WALFAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

Tidak ada komentar:

Followers